Customer Journey Maps

Customer Journey Maps

Halo, ini adalah formulir survey Customer Journey Maps. Survey ini dalam rangka brainstroming untuk memetakan Aktivitas apa saja yang termasuk dalam tahapan Awareness, Consideration, Purchase, Post-Purchase dan Advocacy.

***

Semua ide aktivitas yang masuk akan diolah dulu, jadi mohon diisi maksimal hari Rabu, 12 Maret 2025.

1. Tahap Awareness (Kesadaran)

Ini adalah tahap awal di mana calon pelanggan pertama kali menyadari keberadaan merek, produk, atau layanan Anda. Mereka mungkin belum memiliki kebutuhan spesifik, tetapi mereka mulai mengenal apa yang Anda tawarkan.

***

Contoh :

Melihat iklan online atau offline

Membaca postingan media sosial

Mendengar rekomendasi dari teman atau keluarga

Menemukan konten di mesin pencari

2. Tahap Consideration (Pertimbangan)

Setelah menyadari keberadaan merek Anda, calon pelanggan mulai mengevaluasi apakah produk atau layanan Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka melakukan riset, membandingkan opsi, dan mencari informasi lebih lanjut.

***

Contoh :

Mencari informasi di situs web Anda

Membaca ulasan produk atau layanan

Membandingkan harga dan fitur

Mengikuti media sosial anda

3. Tahap Decision (Keputusan)

Pada tahap ini, calon pelanggan siap untuk membuat keputusan pembelian. Mereka telah mengevaluasi opsi yang tersedia dan memutuskan untuk memilih produk atau layanan Anda.

***

Contoh :

Membandingkan penawaran terakhir

Mencari diskon atau promosi

Membaca testimoni pelanggan

Melakukan komunikasi dengan layanan penjualan

4. Tahap Purchase (Pembelian)

Ini adalah tahap di mana pelanggan menyelesaikan transaksi dan membeli produk atau layanan Anda. Proses pembelian yang lancar dan mudah sangat penting untuk memastikan kepuasan pelanggan.

***

Contoh :

Menambahkan produk ke keranjang belanja

Melakukan pembayaran

Menerima konfirmasi pembelian

5. Tahap Post-Purchase (Pasca-Pembelian)

Tahap ini mencakup pengalaman pelanggan setelah pembelian. Ini termasuk layanan pelanggan, dukungan teknis, dan upaya untuk membangun loyalitas pelanggan.

***

Contoh :

Menggunakan produk atau layanan

Menghubungi layanan pelanggan jika ada masalah

Memberikan ulasan atau testimoni

Mencari informasi tambahan mengenai produk yang dibeli

6. Tahap Advocacy (Advokasi)

Pada tahap ini, pelanggan yang puas menjadi advokat merek. Mereka merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain.

***

Contoh :

Memberikan ulasan positif

Membagikan pengalaman mereka di media sosial

Merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada teman dan keluarga